ukuran rahim selama hamilElamor Baju Hamil – Pernahkan Mama bertanya-tanya, seberapa besar ukuran rahim sebenarnya, baik sebelum maupun selama kehamilan?Uterus atau rahim merupakan tempat dimana janin tumbuh dan berkembang. Saat hamil, rahim membesar hingga lebih dari lima kali lipat ukuran semula, dengan kapasitas lebih dari 500 kali lipat dibanding sebelum Anda mengandung. Bayangkan Anda meniup balon, itulah gambaran yang terjadi pada rahim selama kehamilan. Sebelum kehamilan, ukuran rahim kira-kira sebesar buah jeruk dan terletak jauh di dalam rongga panggul. Sedangkan ukuran rahim selama kehamilan berlangsung bisa digambarkan sebagai berikut:

Ukuran rahim trisemester pertama kehamilan

Sekitar minggu ke-12 kehamilan, ukuran rahim kira-kira sebesar jeruk bali dan mulai membesar sert keluar dari dalam rongga panggul, namun masih muat di dalam rongga panggul. Jika Mama hamil bayi kembar, rahim Mama akan mulai membesar lebih awal.

Ukuran rahim trisemester kedua kehamilan

Pada trisemester kedua, rahim akan membesar hingga sebesar buah pepaya. Rahim tak lagi muat di dalam panggul. Posisinya kini akan berada di antara pusar dan payudara. Seiring dengan membesarnya rahim, organ-organ di sekitar rahim akan terdorong dari posisinya, dan memberikan tekanan pada otot dan ligamen di sekitarnya. Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang Mama rasakan saat hamil. Tekanan dari rahim juga bisa menyebabkan pusar menonjol keluar, namun akan kembali normal setelah melahirkan.

Ukuran rahim trisemester ketiga kehamilan

Pada trisemester ketiga, ukuran rahim kira-kira sebesar buah semangka. Saat Mama sudah siap melahirkan, posisi bayi seharusnya sudah turun ke bawah di dalam rongga panggul.

Setelah melahirkan, ukuran rahim secara bertahap akan kembali ke ukuran dan posisi semula. Proses inidisebut involusi. Biasanya proses tersebut memakan waktu sekitar 6 minggu.