tips-jelang-persalinan-bagi-calon-ayah~ Elamor Baju Hamil ~ Suami cemas dan panik karena istri akan segera melahirkan? Berikut panduan untuk para ayah dalam mempersiapkan diri menjelang persalinan istri tercinta.

1. Jangan Melakukannya Karena Terpaksa

Rata-rata pria di Indonesia menemani istrinya di ruang bersalin. Namun, bila Anda merasa tidak sanggup melihat apa yang terjadi di dalam sana, jangan paksakan diri. Jika Anda terpaksa, istri Anda akan lebih mencemaskan ketakutan Anda daripada proses persalinannya sendiri. Coba pikirkan alternatif siapa yang cocok untuk menemani istri Anda, atau tanyakan padanya siapa yang diinginkannya berada di ruang bersalin, mungkin ibu, ibu mertua atau sahabatnya.

2. Dukungan Emosional Sangat Penting

Istri Anda akan melalui sebuah peristiwa besar yang mungkin sangat menyakitkan dan Anda akan lebih banyak bertindak sebagai pengamat saja. Maka, berikanlah dukungan emosional yang besar kepadanya.

3. Nikmati Waktu di Rumah

Jika Anda terlalu cepat membawa istri ke rumah sakit, kemungkinan besar ia akan stres karena cemas menunggu saat persalinan. Lebih baik Anda benlama-lama menemani istri Anda di rumah sampai detik terakhir menjelang persalinan. Ajak jalan-jalan santai atau temani ia mandi. Jangan takut karena merasa telah mengulur waktu. Bayi Anda pun ingin lebih lama menikmati saat-saat terakhir di dalam rahim ibunya sebelum lahir ke dunia.

4. Ketahui Tentang Kontraksi

Anda mungkin sudah punya banyak informasi tentang persalinan. Namun yang paling penting adalah jika kontraksi teriadi dalam waktu yang cukup intens. Itu pertanda sudah dekat waktunya melahirkan. Jangan buru—buru membawa istri  Anda ke rumah sakit. Tunggu sampal kontraksinya berjarak sekitar tiga sampai empat menit sekali.

5. Perhatikan Hal-Hal Kecil

Hadirilah kelas parental dan pelajari lebih banyak tentang bagaimana membantu mengurangi rasa sakit bagi istri Anda. Berikan ia bantuan yang sederhana namun bermanfaat, misalnya memberinya minum saat ia tegang menghadapi kontraksi. Walaupun kecil, tapi ini penting karena dapat memberi kenyamanan pada istri Anda.

6. Persiapkan Diri Anda Untuk Hal-Hal Tak Terduga

Di ruang bersalin, Anda akan melihat banyak hal yang mungkin belum pernah Anda perkirakan. Jadikan ini sebagai pengalaman berharga yang makin mendekatkan Anda dengan istri dan calon bayi Anda.

7. Siapkan Makanan Dari Rumah

Persalinan bisa menjadi sangat melelahkan dan menyita energi, khususnya bagi istri Anda. Jadi, siapkanlah banyak makanan dan minuman untuk Anda berdua. Ia pasti lebih senang jika Anda sudah menyipkan segalanya dari rumah daripada melihat Anda bolak-balik ke kantin membeli camilan.

8. Berikan Perhatian

Jangan pernah bensikap cuek atau tidak peduli pada istri saat ia tengah berjuang melahirkan si kecil. Berikanlah perhatian dan semangat.

 

Tips Jelang Persalinan Bagi Calon Ayah (part 2) >>