9. Mainkan Musiknya!

Untuk mencairkan suasana yang tegang menjelang persalinan, Anda bisa memutar lagu-lagu favorit Anda berdua, mulai yang up-beat sampai slow ballad. Mood Anda bardua pun jadi lebih santai.

10. Siapkan Dokumentasi

Jika Anda berencana untuk mengabadikan proses persalinan dalam foto atau video, pastikan Anda sudah menyiapkan semua perlengkapannya. Tanya pula istri Anda, apakah dia ingin difoto atau tidak, dan pada saat apa ia ingin Anda memotretnya.  Ini panting karena tidak semua wanita bersedia difoto pada saat persalinan.

11. Komunikasi Itu Kuncinya

Anda harus lebih sabar dan menjalin komunikasi yang baik dengan istri Anda. Di tengah proses persalinan yang melelahkan, istri Anda mungkin ingin semua berjalan sesuai rencananya. Bantulah ia mewujudkan proses persalinan yang diinginkannya dengan membennya dukungan secara fisik maupun psikis.

12. Jangan Bawa Turun

Semua barang bawaan sebaiknya Anda letakkan dulu di mobil sampai proses persalinan selesai agar Anda tidak repot mengurusnya di saat Anda seharusnya fokus menemani, dan menyemangati istri Anda.

13. Darah? Jangan Panik!

Anda mungkin akan melihat banyak darah, tapi tidak usah panik. Hal itu wajar dan dokter akan membersihkannya dengan segera.

14. Lihat Seperti Apa Bayi Anda

Bayi harus melalui celah yang sangat kecil untuk dapat hadir ke dunia. Celah sempit itu kadang membuat bentuk kepala bayi Anda jadi sedikit aneh. Jangan kaget, juga saat Anda melihatnya masih terbungkus vernix (sejenis krim berwarna putih yang menyelubungi tubuh bayi yang baru saja lahir, yang bersifar antibakteri selagi masih di dalam rahim).

15. Menggunting Tali Pusat

Jika dokter mempersilahkan Anda menggunting tali pusat si kecil, jangan bayangkan Anda akan melakukan suatu operasi sehingga Anda merasa takut. Ini hanya kegiatan simbolis dan tidak akan terasa menyakitkan baik bagi bayi maupun istri Anda.

16. Sebarkan Kabar Gembira

Inilah hal pertama yang dilakuka para ayah sesaat setelah bayi mereka lahir. Jangan lupa mengabarkan berita gembira ini kepada ibu dan mertua Anda. Orang tua, khususnya yang baru memiliki cucu biasanya sangat sensitif mengenai hal ini. Mereka akan kecewa jika terlambat diberi tahu atau justru mengetahui kabar ini dari orang lain. lnformasikan kelahiran si kecil lengkap dengan keterangan mengenai berat, panjang, nama (jika sudah ada), dan bagaimana keadaannya serta istri Anda setelah persalinan.

17. Aman dan Nyaman Berkendara

Pastikan car seat sudah berada dalam posisi yang benar dan nyaman bagi bayi Anda agar Anda tidak cemas saat berkendara membawa bayi Anda pulang dari rumah sakit.

18. Ringan Tangan

Lakukanlah apa yang diminta istri Anda dan jadikan ia ratu di hari persalinannya. Ingat, ia telah melahirkan  suatu keajaiban dalam hidup Anda.

<< Tips Jelang Persalinan Bagi Calon Ayah (part 1)