tips agar si kecil mahir berbicaraBiasanya anak usia sekitar 2 tahun baru saja mengalami ‘ledakan bahasa’. Artinya, dari kalimat yang cuma sepotong-sepotong, atau hanya buntut dari kata, atau hanya mengucapkan kata-kata tertentu saja, kini ia makin cerewet dan mulai mengucapkan banyak kata-kata baru.

Berikut ini tips yang dapat membantu si kecil cepat pintar berbicara :

♦ Jadilah pendengar yang baik. Ketika anak Anda bicara, beri perhatian padanya dan berhentilah melakukan apa yang sedang Anda kerjakan.

♦ Gunakan kalimat yang strukturnya benar dan dalam satu bahasa. Berapapun bahasa yang ingin Anda ajarkan, jangan mencampurnya dalam satu kalimat, tapi gunakanlah satu bahasa dalam satu kalimat supaya si kecil bisa belajar struktur kalimat yang benar.

♦ Betulkan tanpa menyalahkan jika anak mengatakan kalimat yang kurang tepat. Misalnya anak bilang “Mama mandi”, sementara maksudnya adalah ia ingin mandi, Anda bisa bilang “Oh, jadi kamu sudah mau mandi sekarang?”

♦ Gunakan sinonim sebanyak mungkin ketika bicara supaya memperbanyak kosa katanya. Misalnya untuk memuji, Anda tah hanya bisa bilang ‘bagus’, tapi juga : mainanmu sudah rapi, kamu sudah cantik, warnanya pas, dan bikin mama senang.

♦ Bertanyalah dengan pertanyaan terbuka. Jangan hanya tanyakan “Sudah makan belum?” karena hanya membutuhkan satu kata sebagai jawabannya. Tanyakan juga “Tadi apa saja yang kamu makan?”

♦ Membaca bersama. Jika ada buku yang sudah dibacanya berulang kali, Anda bisa memintanya untuk menceritakan dengan hanya melihat gamarnya.

Yang pasti jangan mudah menyerah. Semakin lama ia akan semakin jago menyusun kalimat asalkan Anda juga rajin-rajin membantunya.

*************************

Elamor Baju Hamil – Butik baju hamil dan baju menyusui online.

Pemesanan : 081-22-99999-83 / pin bb 2AF29EF6