bright picture of happy family over whiteMendengar kata menyusui, yang terlintas dalam benak kita pastilah ibu dan bayi. Lalu bagaimana dangan ayah? Adakah peran ayah dalam proses menyusui? Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa proses menyusui tidak membutuhkan partisipasi dari ayah. Kenyataannya, ayah memegang peranan penting dalam suksesnya proses menyusui. Lalu bagaimana caranya agar ayah dapat berperan aktif dalam proses tersebut? Hal paling penting yang bisa ayah lakukan adalah dengan memberikan dukungan baik emosional maupun fisik kepada ibu.

Peran ayah dalam produksi ASI

Di dalam payudara terdapat pabrik ASI (alevoli) yang dikelilingi otot yang disebut myoepithel.  Otot tersebut bertugas memompa ASI menuju saluran ASI. Kerja myoepithel dipengaruhi oleh hormon oksitosin, sedangkan hormon ini akan bekerja bila perasaan ibu senang dan tenang. Di sinilah letak peran ayah, yaitu untuk memberikan rasa tenang, aman, dan nyaman bagi ibu. Jika ibu merasa diperhatikan dan disayang oleh suami, maka hormon oksitorin akan keluar dan produksi ASI pun dapat berjalan dengan lancar.

Yang bisa ayah lakukan

Memberikan dorongan dan dukungan yang dapat membesarkan hati ibu. Menyusui bisa jadi sangat melelahkan secara fisik maupun emosional. Kekhawatiran tentang cukup tidaknya produksi ASI, atau apakah sudah tepat atau belum teknik menyusui yang dilakukan, atau masalah-masalah menyusui lainnya dapat membuat ibu merasa tertekan. Di sini ayah memegang peranan penting untuk meningkatkan rasa percaya diri ibu, misalnya dengan memberikan pujian atau kata-kata yang bisa menghibur dan menenangkan ibu.

Membantu ibu dalam merawat si kecil. Misalnya saat bayi meangis di tengah malam karena lapar, ayah bisa membawa si kecil kepada ibunya untuk disusui. Ayah juga bisa membantu ibu dengan mengganti popok bayi, memandikan, serta memakaikan baju. Selain dapat meringankan beban ibu, apa yang ayah lakukan ini juga dapat membangun ikatan antara ayah dan anak.

Menjalin kedekatan dengan si kecil. Ikatan antara ibu dan bayi memang paling kuat, namun ini tidak mengurangi pentingnya hubungan bayi dengan ayahnya. Alih-alih merasa cemburu dengan kedekatan ibu dan si bayi, ayah dapat membangun ikatan yang unik dengan si kecil. Bayi biasanya menyukai kontak langsung dengan kulit, ayah bisa mempererat ikatan dengan si kecil melalui sentuhan. Meletakkan si kecil yang hanya memakai popok saja di dada ayah bisa jadi sangat menenangkan dan dapat menguatkan ikatan keduanya.

Manfaat yang didapat

Sudah jadi pengetahuan umum bahwa pemberian ASI banyak manfaatnya bagi ibu dan bayi, lalu apakah ada manfaatnya juga bagi ayah? Banyak para ayah yang mengaku mendapatkan waktu tidur yang lebih baik. Dengan proses menyusui yang tenang dan nyaman, bayi dapat disusui lebih cepat tanpa mengangis lama-lama, sehingga ayah dan ibu pun bisa kembali tidur lebih cepat.

Pemberian ASI juga dapat membantu ayah sebagai kepala keluarga, yaitu dengan pemberian ASI, anda dapat mengurangi pengeluaran untuk membeli susu formula. Selain itu, bayi yang mendapakak ASI ekslusif juga tidak gampang sakit sehingga tidak ada pengeluaran ekstra untuk ke dokter.

Baca juga artikel lainnya : Berikan ASI Sedini Mungkin

***************************************************************************************************************************************************

Anda ibu menyusui? Agar menyusui jadi lebih praktis, kenakan pakaian khusus untuk menyusui yang memiliki bukaan di kedua sisi dada. Dengan demikian, saat hendak menyusui si kecil, anda tidak perlu repot-repot membuka kancing baju. Lihat koleksi baju menyusui yang modis dan trendy di Elamor Baju Hamil.