pelukan-ibu-hangat-ala-kangguru

Kehangatan pelukan Anda, terbukti sangat membantu tumbuh kembang si kecil, khususnya yang lahir prematur.

Kontak langsung antara kulit ibu dengan kulit bayi sebaiknya diteruskan setelah bayi lahir bahkan sampai 6 bulan pemberian ASI eksklusif. Menurut Dr. Nils Bergman dari rumah sakit Mowbray Maternity di Cape Town, Afrika Selatan, kontak langsung anrara bayi dan ibunya ini harus tetap dipertahankan sejak menit pertama setelah kelahiran, melalui pembenan ASI.

Metode ini mampu memberikan 4 faktor utama kebutuhan bayi, yakni oksigen, kehangatan, nutrisi, dan perlindungan. Secara alami, semua itu terpenuhi di dalam kantung hewan kangguru. Melalui risetnya, Bergman membuktikan betapa besar manfaat metoda pengasuhan dan perawatan bayi ala kangguru. Bayi-bayi baru lahir, khususnya bayi prematur, diletakkan di dada ibunya, sehingga seluruh kulit tubuhnya bersentuhan langsung dengan kulit ibu, menunjukkan peningkatan kesehatan yang nyata ketimbang yang ditaruh di dalam inkubator. Itu sebabnya, Dr. Bergman kemudian dikenal sebagai pelopor metoda Kangaroo Mother Care.

Pada dasarnya, Kangaroo Mother Care terdiri atas 3 komponen, yakni:

1. Kontak kulit ibu dan bayi

Yaitu kontak kulit antara dada si kecil dengan dada Anda. Dengan demikian, kulit si kecil bisa langsung merasakan kehangatan kulit Anda. Kontak ini pun akan membantu menjaga suhu dan proses oksigenasi tubuh si kecil. Anda dapat melakukannya sambil berdiri maupun berbaring. Metoda ini sebaiknya dilakukan selama Anda bisa, terutama bila si kecil kebetulan lahir prematur. Teknik inl merupakan bentuk “inkubator alami” untuk membantu proses tumbuh-kembang si kecil.

2. Pemberian ASI eksklusif

Kontak kulit seperti tadi, memungkinkan si kecil mengisap ASI setiap saat dia merasa lapar. Kangaroo Mother Care juga merupakan fasilitas untuk memberikan ASI sedini mungkin.

3. Dukungan ibu pada bayi

Anda akan tetap dapat memberikan dukungan emosi, psikologis, dan fisik, bahkan ketika tindakan medis perlu dilakukan terhadap si kecil. Hal ini akan meningkatkan kelekatan emosional (bonding) antara orang tua dan bayinya. Selain itu, dari kondisi ini terbukti bahwa perkembangan otak bayi membutuhkan rangsang berupa sentuhan atau kontak langsung antarkulit dan kontak mata langsung bayi dengan mata ibunya.

Manfaat lain yang nyata adalah meningkatkan penambahan berat badan bayi-bayi prematur, sehingga mempersingkat waktu perawatan di rumah sakit. Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba merawat si kecil dengan metoda Kangaroo Mother Care  ini sekali pun si kecil Anda lahir normal dan cukup bulan (tidak prematur). Namun, sebelum melakukannya, suhu tubuh bayi harus mencapai 36 derajat Celcius, dan Anda harus merasa nyaman pada waktu melakukannya.

Baca juga artikel lainnya :

Membentuk Pola Tidur Bayi

Cara Cerdas Menyimpan ASI