merencanakan-kehamilan-stop-kebiasaan-yang-tidak-mendukungElamor Baju Hamil– Ada beberapa kebiasaan yang dapat mengganggu perencanaan kehamilan. Jika Mama dan Papa sedang merencanakan kehamilan, stop kebiasaan-kebiasaan yang tidak mendukung berikut ini :

Merokok dan mengkonsumsi alkohol

Bagi Mama Papa yang terbiasa merokok atau minum alkohol, sebaiknya hentikan jika berencana punya momongan. Meski banyak pria perokok dan peminum yang memliki keturunan, sesungguhnya zat-zat dalam rokok dan minuman beralkohol telah menurunkan kemungkinan hamil sebesar 50%. Kandungan rokok terbukti menurukan kesuburan dan mengurangi kualitas sperma. Selain itu, rokok dan alkohol dapat menyebabkan keguguran, bayi prematur, dan berat bayi lahir rendah. Sebuah penelitian di lnggris menemukan, zat penyebab kanker yang terdapat dalam rokok bisa terkonsentrasi pada cairan tubuh di sekitar leher rahim. Kebiasaan merokok dalam jangka panjang berefek negatif, bahkan membahayakan rahim. Karena itu, para ahil menganjurkan untuk berhenti merokok sebelum merencanakan kehamilan.

Konsumsi kafein

Kafein dapat menghambat aktivitas otot tube fellopian yang membawa sel telur ke rahim. Jadi. konsumsi kafein dapat mempengaruhi kesuburan Mama. Untuk itu, Mama dianjurkan mengurangi konsumsi kafein seperti yang terdapat di dalam kopi, teh, minuman bersoda, dan minuman berenergi. Batasi konsumsi kafein di bawah 200—250 mg per hari.