menyusui-sambil-minum-obat-bolehkah

Bagaimana jika ibu yang menyusui sakit? Apakah ibu bileh menyusui sambil minum obat?  Hampir semua obat yang ibu minum masuk ke dalam air susu dalam jumlah kecil, namun sangat sedikit obat yang mengandung resiko bagi bayi menyusu.

Untuk itu, sensntiasalah :

Bila obat yang biasanya diberikan tidak cocok untuk menyusui, biasanya ada alternatif lainnya. Dokter dapat mencari pada buku daftar obat, dan ibu bisa turut melihatnya. Namun demikian, informasi keamanan seringkali sangat umum, contohnya: ‘Obat masuk ke dalam ASI, bicarakan pada dokter Anda’ atau ‘Bila dalam dosis normal, kecil kemungkinan berpengaruh pada bayi’.

 Bila tidak yakin obat yang dikonsumsi aman bagi bayi dan tidak ada pilihan lain, pompa atau buang air susu selama masih minum obat, atau tunda minum obat sambil memompa air susu agar memperbanyak persediaan ASI beku untuk bayi bila ibu mulai meminum obat.

 Pilihan lain adalah membuat jadwal minum obat dan menyusui yang meminimalkan jumlah obat yang dapat masuk ke ASI – sebagai contah. minum pil sekali sehari sebelum jam tidur bayi yang terlama. Ibu perlu membicarakannya dengan dokter untuk mengetahui cara obat bekerja dan secepat apa obat dapat keluar dari sistem metabolisme.