Mother breast feeding her baby girl

Bukan hal yang menyenangkan bila jatuh sakit padahal memiliki bayi. Bila menderita sakit yang cukup serius, mungkin ibu menjadi enggan menyusui atau yakin bahwa menyusui tidak aman bagi bayi. Sebaiknya pertimbangkan hal ini dengan baik, sebab mungkin saja para ibu punya lebih banyak pilihan dari yang diduga.

 Sebenarnya, tak masalah bila ibu sakit dan ingin tetap menyusui. Ini hanya bermasalah bila ibu harus minum obat yang tidak cocok bagi bayi. Bila ingin berhenti menyusui selama minum obat, pompalah ASI agar suplai tetap terjaga. Bila batuk, pilek, atau flu, sebenarnya si kecil telah terkena infeksi saat ibu mulai menunjukkan gejalanya.

Terus menyusui merupakan hal terbaik yang dilakukan, sebab bayi akan mendapatkan banyak antibodi dari ASI. Bila ibu diare atau muntah-muntah karena keracunan makanan, biasanya cukup aman untuk terus menyusui, kecuali ibu sangat lemah dan perlu minum antibiotic. Ingatlah, tiba-tiba berhenti menyusui, akan mengakibatkan pembesaran payudara dan  ibu bisa terkena mastitis di samping penyakit yang sedang diderita.