Masalah di hari-hari pertama

Walaupun tidak ada hambatan saat meletakkan mulut bayi ke payudara, ibu mungkin mengalami kesulitan seiring membesarnya pavudara dan meningkatnya jumlah ASI yang dihasilkan di hari-hari pertama. Ibu mungkin juga menderita apa yang disebut afterpains, yang membuatnya mengejang setiap awal menyusui. Ini semua masalah yang muncul sementara saja, namun dapat sangat mengganggu bila tidak mendapat bantuan dan dukungan semestinya.

masalah-di-hari-hari-pertama-menyusui

Pembesaran

Sekitar 2 atau 3 hari setelah bayi lahir, mungkin payudara ibu akan membesar secara dramatis, panas, keras, dan terasa tidak nyaman. Kondisi seperti ini disebut ‘pembesaran’. dan terkadang disebut ‘air susu mengalir masuk’. Hal ini disebabkan oleh peningkatan suplai darah ke payudara bersamaan dengan terjadinya produksi air susu. Kejadian ini normal saja dan tidak perlu dikhawatirkan. Pembesaran biasanya terjadi selama beberapa hari, namun kadang terasa sangat menyakitkan. Ibu mungkin tidak bisa mengenakan bra atau membiarkan benda apa pun menyentuh payudaranya. Cobalah cara berikut untuk mengatasinya.

Pelindung payudara (breast shells)

Pelindung payudara (breast shells) cocok untuk mengumpulkan tetesan ASI saat menyusui. Kemudian saat mensterilkan pelindung maupun botol susu, simpan sisa ASI dalam botol atau cangkir susu. Jangan gunakan pelindung lebih dari 20 menit dan jangan tinggalkan di daiam bra di antara selang waktu menyusui sebab akan menekan payudara dan menyebabkan penyumbatan