Superfoods for Supermom

 

Selama kehamilan, Anda harus benar-benar mempertanggung-jawabkan apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh. Benar! Kini, apa pun jenis makanan dan minuman yang Anda konsumsi, janin Anda pun akan ikut “men- cicipinya”. Itu sebabnya, Anda harus memperhatikan dengan baik setiap suap makanan dan setiap teguk minuman yang masuk ke tubuh Anda. Karena, melalui makanan dan minuman yang Anda pilih itulah, janin memperoleh semua zat nutrisi yang ia butuhkan.

Nah, agar proses tumbuh-kembangnya optimal, superfoods bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

Apa sih, superfoods itu?

Istilah superfoods masih agak asing. Ini diakui dr. Srimurni Prastowo, SpGK dari Departemen Ilmu Gizi FKUI/RSUPN Cipto Mangunkusumo. “Setahu saya, istilah superfoods masih belum populer. Itu hanya istilah untuk menu yang terdiri dari berbagai jenis bahan makanan alami, sehingga menghasilkan kombinasi zat-zat nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh, termasuk ibu hamil, agar tumbuh- kembang janinnya berlangsung optimal.”

Istilah superfoods ini diperkenalkan pertama kali oleh seorang dokter dari Scripps Memorial Hospital di La Jolla, California, dan University of California di San Diego, Amerika Serikat, Steven G. Pratt, M.D., FACS di dalam bukunya “Superfoods RX: Fourteen Foods That Will Change Your Life“. Di dalam bukunya tersebut, terdapat sederet daftar sumber bahan makanan nabati yang dianjurkan. Nah, menu yang dibuat dari kombinasi bahan-bahan makanan itulah yang dikenal sebagai superfoods.

Superfoods dipercaya dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit. Tak heran bila kemudian muncul panduan menu superfoods bagi ibu hamil yang ditulis Dr. Jane Horti, seorang dokter spesialis gizi anak dari London, Inggris, seperti yang dilaporkan artikel “Pregnancy Superfoods Revealed” di BBC News edisi 10 Januari 2001. “Panduan itu sebetulnya ditulis untuk membantu para ibu hamil yang ‘bingung’ dalam memilih menu yang sehat dan aman selama masa kehamilannya. Jadi, panduan menu superjoods merupakan alternatil sumber zat nutrisi yang berasal dari bahan makanan alami, terutama nabati.”

Mengurangi keluhan

Manfaat mengonsumsi menu superfoods bagi kesehatan sudah banyak diteliti. Namun, bagaimana pengaruh superfoods ini terhadap keluhan yang muncul selama masa kehamilan?

Superfoods selama masa kehamilan dapat menghindarkan ibu hamil dari keluhan yang biasa muncul, misalnya morning sickness dan anemia. Munculnya keluhan ini, menurut Kate Barber dalam artikelnya “Pregnancy Superfoods“, antara lain bisa disebabkan oleh zat-zat nutrisi yang dibutuhkan janin tidak terpenuhi dengan baik, sehingga janin akan “mengambil- nya” dari cadangan di dalam tubuh ibu hamil.

Tentang menu bagi ibu hamil ini, dr. Srimurni yang seorang dokter spesialis gizi ini berpendapat, “Memang, menu yang dikonsumsi oleh ibu hamil, harus mengandung semua zat nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang janinnya secara lengkap. Yakni, mengandung karbohidrat, protein, lemak, sayuran, serta vitamin dan mineral.”

Lantas, apakah benar bila selurah kebutuhan gizi selama hamil terpenuhi dengan baik, maka munculnya keluhan-keluhan kehamilan, seperti anemia, mudah kelelahan, kram, serta morning sickness dapat dicegah?

“Selama masa kehamilan, kebutuhan energi meningkat sebesar 300 kalori, protein antara 15 hingga 17 gram, asam folat 200 mikrogram, kalsium 150 miligram, dan yodium 50 miligram. Jadi, superfoods dapat ditambahkan dalam menu yang yang biasa dikonsumsi saat tidak sedang hamil. Nah, dengan mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan tubuh ibu hamil dan janinnya, maka pembentukan energi, sel darah merah dan jaringan, baru dapat berjalan optimal. Khusus untuk keluhan morning sickness, pencegahannya tidak mutlak hanya dari pemenuhan kebutuhan gizi, tetapi melibatkan banyak faktor lainnya, seperti perubahan hormonal,” jawab dr. Srimurni.

Pentingnya konsultasi

Jika Anda tertarik untuk mencoba superfoods , tak ada salahnya berkonsultasi lebih dulu dengan dokter ahli gizi. Jadi, Anda mengetahui dengan jelas berapa kebutuhan masing-masing jenis zat nutrisi selama masa kehamilan ini.

Seperti dikatakan dr. Srimurni, “Perlu diingat bahwa yang dimaksud dengan superfoods sebenarnya adalah bahan-bahan makanan yang padat gizi. Dalam volume kecil pun, kandungan gizi di dalam menu yang disusun dari bahan makanan yang termasuk ke dalam superfoods, sudah hampir lengkap. Itu sebabnya, superfoods bisa jadi bagian dari menu utama, misalnya untuk menu makan pagi dan makan malam.”

makanan-sehat-untuk-ibu-hamil

Beberapa pilihan bahan makanan sumber zat nutrisi ala superfoods yang baik untuk Anda konsumsi selama masa kehamilan, adalah:

 

Baca juga artikel lainnya :

Pilih Mana, Susu Cair Atau Susu Bubuk?

Membentuk Pola Tidur Bayi