kurangi-rasa-sakit-saat-persalinan-dengan-hypnobirthing-2BISA DILAKUKAN SENDIRI

Menurut Lanny, hypnobirthing sebaiknya dilakukan sedini mungkin pada masa kehamllan. Bahkan, bila perlu sejak pasangan suami istri berkeinginan untuk memiliki momongar. Meskipun demikian, tidak ada kata terlambat. Bahkan, apabila masa kehamilan sudah mencapal 6 bulan atan lebih pun, tetap dapat mengikuti metode yang telah dikembangkan sejak 1959 di Amerika Senkat itu.

Pada tahap awal metode ini, sebaiknya ibu hamil didampingi oleh suami dan seorang fasilitator atau terapis. Suami, turut berperan penting dalam memberi dukungan bagi ibu dan janin. Menurut Lanny, pasangan suami istri cukup mengikuti kelas hypnobirthmng tiga kali saja. Biasanya, dilakukan satu kali dalam seminggu, masing-masing sekitar 1,5 jam. Selanjutnya, ibu hamil pun dapat melakukannya sendiri di rumah. Asal, mampu berperan sebagal otohipnosis, yakni seni komunikasi dengan jiwa bawah sadar dengan tujuan memperbaiki rekaman negatif yang ada di jiwa bawah sadar. Tak kalah penring, adanya ruangan/suasana tenang, dibantu musik untuk relaksasi, aroma terapi (dianjurkan lavender), dan panduan relaksasi otot, napas dan pikiran. Panduannya, dapat dikemas dalam henruk CD.

Adanya metode yang dapat mengurangi rasa sakit saat melahirkan memang berita baik bagi umumnya ibu hamil. Namun, perlu dicatat bahwa keberhasilan metode ini ternyata kembali pada diri Anda. Selain memiliki kemauan kuat, juga mempunyai niat yang diwujudkan secara nyata, termasuk dengan rajin latihan di rumah. Tak kalah penting, keyakinan bahwa Anda mampu melewatinya dengan baik. Jangan lupa, berdoa pada Tuhan YME.

KEUNTUNGAN HYPNOBIRTHING

♦ Kondisi tenang selama hamil, akan direkam oleh janin dan membentuk kepribadian serta kecerdasan sejak di dalam rahim.
♦ Mengurangi rasa mual, muntah, dan pusing.
♦ Menciptakan keadaan yang seimbang sehingga pertumbuhan fisik dan jiwa bayi lebih sehat.
♦ Memperlancar jalannya proses persalinan dan meminimalkan rasa sakit.
♦ Meningkatkan produksi ASI.
♦ Dapat lebih mengontrol emosi dan perasaan.
♦ Mencegah kelalahan yang berlebih saat proses persalinan.

 

<< Sebelumnya

 

Baca juga artikel lainnya :

Makanan Sehat Ibu Hamil

Masalah di Hari-Hari Pertama menyusui