anak-susah-makanBingung kan kalau anak susah makan? Masalah ini memang banyak dihadapi para orangtua. Tak sedikit orangtua yang dibuat stres karenanya. Bagaimana tidak! Kalau anak sulit makan dan hanya mau makan makanan yang itu-itu saja, lama-kelamaan kebutuhan gizinya bisa tak tercukupi dan mengakibatkan tumbuh kembangnya kurang optimal. Banyak upaya yang dilakukan orangtua agar anaknya mau makan, mulai dari cara yang halus seperti mengiming-imingi dengan hadiah, atau bahkan dengan cara keras dengan memarahi atau mengancam. Berhasilkah cara tersebut?

Cara-cara tersebut memang bisa memberikan hasil, tapi tidak akan bertahan lama. Tidak mungkin kan, setiap waktunya makan, mama harus mengiming-imingi anak dengan hadiah atau malah memarahinya terlebih dahulu? Selain melelahkan, hal tersebut juga bisa berdampak kurang baik bagi anak, misalnya anak jadi menganggap waktu makan sebagai waktu penyiksaan, sehingga dia malah mogok makan. Kalau sudah begini, orangtua juga yang tambah pusing.

Lalu bagaimana dong? Tenang Mam… Ada cara yang terbukti efektif untuk membuat anak mudah makan. Caranya adalah dengan metode hypnoparenting. Caranya pun tak sulit, mama pasti bisa!

METODE HYPNOSIS

Istilah hypnosis tentunya sudah tak asing lagi di telinga kita. Hypnosis berasal dan kata Yunani yang berarti tidur. Tidur dalam proses hypnosis bukanlah tidur yang biasa kita kenal, melainkan tidur spesial karena dimuati pesan-pesan (sugesti) positif.

Hypnoparenting merupakan suatu metode hypnosis yang difokuskan dalam peningkatan kualitas perilaku dan cara pandang anak dengan melakukan pemrograman. Biasanya hypnoparenting dilakukan orangtua (bisa juga oleh pengasuh) dengan menggunakan bahasa tertentu yang diprogramkan ke pikiran/otak bawah sadar. Untuk mengubah penilaku tidak baik dari anaknya itu, orangtua menyampaikan suatu perintah/sugesti positif kepada anaknya dengan memanfaatkan otak/pikiran bawah sadar si anak.

ATASI SULIT MAKAN

Untuk mengubah perilaku sulit makan menjadi perilaku makan yang baik, orangtua dapat menyampaikan perintah/sugesti positif kepada anaknya dengan memanfaatkan otak bawah sadar anak. Agar sugesti/perintah positif untuk mengubah perilaku ini tepat sasaran, orangtua harus tahu lebih  dahulu penyebabnya. Umumnya ada dua penyebab, yakni si anak memang memiliki kebiasaan yang tidak baik atau anak pernah mengalami trauma, baik terhadap orangtua maupun lingkungannya. Kebiasaan tidak baik yang sudah terbentuk umumnya sulit bagi si anak untuk mengubahnya. Penyebabnya, anak-anak menggunakan otak bawah sadarnya dalam berpikir alias belum menggunakan logika. Sementara orangtua menuntut anaknya untuk menggunakan logikanya. Akibatnya, antara harapan dan kenyataan menjadi tidak sinkron. lnilah yang sering memicu terjadinya pertengkaran antara orangtua dan anak. Misal, orangtua ingin anaknya mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, ada sumber karbohidrat, lauk,  lemak dan buah, sedangkan anak inginnya hanya makan daging ayam ala fastfood.

Agar kalimat perintah/sugesti positif dapat diterima anak, sampaikan dalam suasana gembira karena pada saat itulah otak bawah sadar anak sedang terbuka. Perlu dipahami, meski “hypnosis” berarti tidur, namun dalam aplikasinya, tidak melulu dilakukan dalam keadaan menjelang tidur, jadi bisa diberikan dalam kondisi sadar. Yang penting, anak harus dalam kondisi senang. Jadi, orangtua harus menciptakan suasana yang menyenangkan dahulu dengan mengalihkan perhatiannya kepada hal-hal yang menjadi minatnya hingga ia benar-benar nyaman. Kalau anak sudah dalam kondisi senang, barulah kalimat sugesti/perintah positif dapat disampaikan.

Selanjutnya, diharapkan si anak dapat berubah perilakunya. Namun, orangtua hendaknya menyadari bahwa untuk berubah membutuhkan waktu, semua ada prosesnya, tidak bisa tiba-tiba berubah menjadi baik. Oleh karena itu, pemberian perintah/ sugesti positif ini perlu dilakukan berulang-ulang.

IKUT KELAS

Bagaimana, Mam? Cukup mudah, kan? Mama tinggal mengkondisikan si buah hati ke dalam suasana menyenangkan, kemudian masukkan kalimat-kalimat perinntah/sugesti positif kepadanya. Namun, bila mengalami kesulitan, ada baiknya mama menemui seorang hipnoterapis. Pada pertemuan tersebut, hipnoterapis akan menggali informasi, baik dari mama maupun si buah hati, mengenai penyebab masalah sulit makan yang dihadapi anak. Selanjutnya, mama akan diberi edukasi mengenai teknik-teknik terapi hipnosis terkait masalah yang dihadapi.

Bila mama ingin lebih mahir, tak ada salahnya mengikuti kelas hypnoteraphy untuk memperbaiki kemampuan diri sendiri terlebih dahulu. Yang perlu diingat, jangan tergiur program singkat yang menawarkan sertifikat keahlian hypnotherapy, karena untuk memperoleh keahlian ini tidak ada yang singkat.

Pastinya, dengan metode hypnoparenting, orangtua dapat membuat anaknya menjadi suka makan. Bukan hanya untuk urusan makan, hypnoparenting dapat juga membantu mengatasi permasalahan lainnya dalam mendidik dan membesarkan anak, semisal belajar, percara diri, motivasi diri, kemampuan mengingat, dan masih banyak lagi.

Mau cari baju hamil yang modis, cantik dan trendy? Elamor Baju Hamil tempatnya – butik baju hamil online yang menjual baju-baju hamil import berkualitas.

 

Baca juga artikel lainnya : Kurangi Rasa Sakit Saat Persalinan dengan Hypnobirthing