Tip Memilih Baju Hamil yang Modis

 

Bahan Baju Hamil

Kehamilan, pada lazimnya, dinantikan dengan penuh harap dan menjadi momen istimewa bagi pasangan suami istri dan keluarga. Momen indah pun perlu dihiasi dengan baju hamil yang modis agar tidak terkesan membosankan. Pilih baju hamil yang modis dengan bahan dingin, alias tidak panas, misalnya dari bahan katun atau kaus tipis. Terutama untuk wilayah tropis seperti Indonesia dengan hawa yang cukup panas sehingga mudah berkeringat, sementara bila udara di sekitar memang dingin, dianjurkan untuk tidak langsung mengenakan busana berbahan tebal, melainkan beberapa baju tipis berbahan dingin yang dipakai berlapis-lapis seperti misalnya blus dengan blazer, atau model tiga tumpuk berupa kemben (tank top) dipadukan dengan blus lengan pendek lalu dilapisi blazer. Ibu yang tengah mengandung telah membawa beban berat yang cukup melelahkan di perut, tidak perlu lagi harus ribet dengan baju hamil yang modis namun merepotkan karena menyebabkan gerah dan keringat mengucur padahal tidak melakukan aktivitas berat. Tidak masalah bila melakukan aktivitas di ruangan dengan berfasilitas mesin pendingin udara (air conditioner) atau setidaknya kipas angin sehingga mengenakan baju hamil dari sutra atau wol tebal pun tidak mengganggu.

baju-hamil-yang-modis

Model Baju Hamil

Banyak baju hamil yang modis model terusan dan tidak tampak seperti daster atau baju rumah lainnya. Bahkan daster atau baju rumah untuk ibu hamil pun sudah banyak dijual dengan desain yang modis, apalagi yang bermotif batik tradisional, potongannya tetap menonjolkan aura kecantikan ibu. Rok terusan dengan bagian atas berpola dan bermotif berbeda dari bagian bawahnya. Juga baju terusan dengan bagian bawah berbentuk celana. Juga dari model terbuka berlengan pendek sampai yang tertutup berlengan panjang. Model celana untuk ibu hamil di masa dahulu mungkin tidak terlalu banyak yang pas badan (terutama pas di bagian paha dan betis), karena kebanyakan dirancang dengan ukuran longgar. Bila usia kehamilan masih di trimester awal, umumnya bentuk tubuh (ukuran lingkar pinggang dan perut) masih belum banyak mengalami perubahan, sehingga masih bisa menggunakan pakaian biasa. Siap sedia saja dengan celana dengan tali atau karet.

Aksesoris Baju Hamil

Aksen pita-pita dan ikat pinggang dapat mempermanis penampilan. Tapi, tetaplah jaga keamanan dan kenyamanan baik bagi ibu maupun calon bayi. Ikat pinggang yang biasanya dipitakan melingkar di perut atau pinggang blus hanyalah aksesoris, jangan perlakukan seolah sedang tidak hamil. Singkirkan selama sembilan bulan (dan sekitar sepuluh hari) kebiasaan memperketat ikatan pita atau ikat pinggang hingga benar-benar melilit erat di perut demi memperlihatkan bentuk pinggang ideal. Cukup lingkarkan membentuk pita, tanpa perlu dieratkan agar tidak ‘menyiksa’ bayi dalam kandungan. Ibu hamil di masa kini lebih banyak pilihan daripada dulu, karena banyak pula yang mengikuti tren seperti baju hamil yang modis bermodel busana tradisional Korea.