Elamor Baju Hamil– Kita tahu bahwa ASI memiliki banyak sekali manfaat bagi bayi. Nah, apa saja sih yang terkandung dalam ASI sehingga kebutuhan nutrisi bayi di bawah 6 bulan cukup dipenuhi dengan ASI saja?

BreastfeedingAir Susu Ibu (ASI) memiliki kandungan yang kompleks yang didesain secara khusus untuk memenuhi semua kebutuhan nutrisi bayi di awal kehidupannya. ASI mengandung lemak, protein, karbohidrat,  vitamin dan mineral yang seimbang, yang diperlukan bagi perkembangan bayi. Masing-masing komponen tersebut memiliki peran spesifik dalam tumbuh kembang si kecil.

Lemak esensial dalam ASI

Lemak esensial sangat vital bagi perkembangan otak bayi serta membantu tubuh bayi menyerap vitamin yang larut dalam lemak. Lemak di dalam ASI juga merupakan sumber kalori utama untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Protein dalam ASI

Dalam ASI pada dasarnya terdapat dua jenis protein, yaitu protein whey dan kasein. Protein whey lebih mudah dicerna oleh bayi, karena itulah 60-80% nya adalah protein whey. Kedua jenis protein ini juga dapat membantu melawan infeksi.

Vitamin dalam ASI

Vitamin yang tersedia untuk bayi dalam ASI bergantung pada makanan yang Mama konsumsi selama hamil dan menyusui. Semakin baik kualitas asupan makanan, semakin baik dan bervariasi juga nutrisi yang tersedia bagi si bayi. Jadi, selama Mama mengkonsumsi makanan seimbang, ASI yang dihasilkan pun akan mengandung nutrisi yang dibutuhkan bayi.

Karbohidrat dalam ASI

Karbohidrat merupakan komponen yang esensial dalam ASI, dengan laktosa kurang lebih 40% dari total kalori. Laktosa dalam ASI tidak hanya membantu mengurangi bakteria jahat dalam perut bayi, ia juga meningatkan penyerapan mineral seperti magnesium, kalsium, dan fosfor.

Artikel Terkait :

Berikan Asi Sedini Mungkin

Memeras ASI

Cara Cerdas Menyimpan ASI