7-hormon-kehamilanKehamilan merupakan proses alami. Dengan kehamilan, manusia dapat terus beregenerasi. Ketika kehamilan berlangsung, pada tubuh Bunda terjadi banyak perubahan secara alami. Selain perubahan bentuk fisik yang ditandai dengan perut yang semakin membesar, tubuh pun akan segera memproduksi hormon-hormon kehamilan guna mendukung kelangsungan kehamilan tersebut.

Secara umum, hormon kehamilan bermanfaat mendukung kehamilan yang berlangsung agar janin dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat. Untuk itu, alangkah baiknya bila para Bunda hamil mengetahui hormon yang diproduksi selama kehamilan berikut fungsi dan efek yang dihasilkan. Harapannya, dengan mengenal hormon kehamilan, maka tidak terjadi salah pengertian atau malah menjadikannya sebagai mitos kehamilan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi selama kehamilan.

Bila Bunda mengalami masalah seputar hormon pada masa kehamilan, alangkah baiknya melakukan konsultasi dengan ahlinya, yaitu dokter kandungan. Umumnya, dokter akan melakukan pengobatan sesuai dengan kondisi Bunda. Jadi, jangan sembarangan mengonsumsi obat umum.

Berikut ini 7 hormon yang diproduksi selama kehamilan, berikut fungsi dan dampak yang dihasilkannya :

1. BHCG (Beta Human Corionic Gonadotropin)
Hormon yang terbentuk pada awal kehamilan mi diproduksi oleh sel-sel kehamilan sebelum terbentuknya plasenta. Produksi hormon ini biasanya tinggi pada awal-awal kehamilan.

Fungsi :

Dampak :

2. Progesteron

Kadar hormon progesteron pada tubuh Bunda akan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Fungsi :

Dampak :

3. Estrogen

Hormon ini dihasilkan oleh ovarium.

Fungsi :

Dampak :

4. HPL (Human Placental Lactogen) 

Hormon yang dihasllkan oleh plasenta ini merupakan hormon protein.

Fungsi :

Dampak:

5. Prostaglandin

Produksinya meningkat pada akhir kehamilan. Dihasilkan oleh rahim.

Fungsi :

Dampak :

6. Oksitosin 

Hormon ini timbul akibat meningkatnya hormon prostaglandin. Kadar oksitosin secara bertahap meningkat pada saat proses persalinan dan mencapai puncaknya pada saat persalinan.

Fungsi :

Dampak :

7. MSH (Melanocyte  Stimulating Hormone)

Fungsi:

Dampak :

 

 

Baca juga artikel lainnya :

Merawat Gigi Ibu Hamil

Susah BAB dan BAK Setelah Melahirkan