tips mudah merawat bayi

6. Kukunya mulai panjang

Kuku lebih mudah dipotong sehabis dimandikan. Minta bantuan seseorang untuk mengajaknya bicara sementara Anda memotong kukunya. Atau, tunggu sampai si kecil tertidur, karena dalam kondisi tidur ia tidak banyak bergerak sehingga akan lebih mudah meluruskan jari mungilnya (yang biasan digenggamnya). Gunakan gunting kuku khusus untuk bayi.

7. Mulai suka mencakar dirinya

Jika belum sempat memotong kukunya, pakaikan kaus tangan bayi. Atau gunakan kaus kakinya sebagai kaus tangan. Kaus kaki biasanya tidak mudah terlepas dari tangannya. Alihkan perhatian bayi dengan mainan berbunyi yang dijahitkan di kaus tangannya, sehingga ia asyik bermain.

8. Giginya mulai tumbuh

Bayi menjadi malas makan, lebih rewel di malam hari kareria gusinya sakit dan mengeluarkan banyak air liur.

9. Mulutnya berbau kurang sedap

Bisa jadi karena ia mulai sering ngiler akibat giginya yang tumbuh. Agar kesehatan gigi dan mulutnya terjaga, setiap kali habis makan atau minum susu, bersihkan mulutnya dengan sikat khusus. Anda juga bisa memakai kain kassa basah yang dicelupkan ke air matang, kemudian dibungkuskan ke jari lalu gosokkan ke geliginya.

10. Ada bekas merah-merah di seputar mulut dan pipi

Kemungkinan karena bekas tetesan air susu. Segera setelah menyusui, bersihkan seputar mulut dan pipi bayi dari bekas-bekas susu dengan air bersih dan lap agar kering. Jangan menaburkan bedak di atas kulit yang kemerahan, karena membuat kulit kering, bahkan bisa menyebabkan kulit tersebut jadi gatal.

<< Prev

Next >>