~ Elamorbajuhamil ~ Belum punya pengalaman merawat bayi memang membuat Bunda baru jadi serba salah. Bukan hanya repot sendiri, bayi pun rewel karena ikut merasakan situasi tak nyaman itu. Ujung-ujungnya, Anda dan bayi sama-sama stres. Supaya tidak stres terus, simak tips praktis dalam merawat bayi berikut ini :

15-tips-mudah-merawat-bayi1. Tubuhnya masih menggigil walaupun dimandikan dengan air hangat

2. Ada cairan putih di tali pusat yang masih basah

Tak membutuhkan penanganan khusus, pastikan saja tali pusat tidak berbau. Caranya, setelah bayi dimandikan, bungkus tali pusat dengan kain kassa yang dibasahi alkohol 70%. Jangan taburi apapun, baik antibiotika atau bedak. Anda perlu membawa si kecil ke dokter bila kulit di sekitar tali pusat menjadi merah, bengkak atau tampak berdarah.

3. Sering menangis atau rewel di malam hari

Karena lapar : beri minum atau susui menjelang tidur malam agar ia kenyang dalam jangka waktu lama.

Karena buang air : segera ganti popoknya dan bersihkan seputar alat genetalianya sampai bersih dengan kapas, kemudian keringkan dengan lap kering.

Karena baju basah akibat keringat : bersihkan tubuhnya dengan waslap, keringkan, dan ganti dengan baju yang menyerap keringat.

Karena telapak tangan atau kakinya dingin : pakaikan kaus kaki dan selimuti agar si kecil tetap hangat. Untuk bayi usia
2-3 bulan dapat dibedong dengan selimut bayi. Perhatikan suhu ruangan. AC kamar harus bersuhu antara 25-27°C.

Karena terganggu : ninabobokan dengan bersenandung atau memutarkan lagu benrirama tenang sambil mengayun-ayun atau mengelus-elus punggung atau dahinya. Atau redupkan lampu kamar, serta usahakan ruangan cukup hangat dan tidak pengap. Ada juga bayi yang merasa nyaman dengan suara-suara mesin, seperti generator atau mesin air yang berbunyi terus-menerus.

Karena kolik : dengan tangis terus-menerus dan melengking seperti kesakitan, ia menderita kolik. Gendong bayi dalam posisi rebah di dada Anda dan elus-elus atau tepuk-tepuk punggungnya. Kadang-kadang, gerakan teratur ketika kita melangkah sambil menggendongnya dapat membuat si kecil merasa nyaman dan tertidur kembali.

4. Bayi sering cegukan terus-terusan sampai 5-10 menit sehingga ia kelelahan

Cegukan terjadi karena kontraksi mendadak diafragma. Segera susui si kecil untuk mengug frekuensi cegukan. Pastikan kepala bayi tegak saat menyusu. Setelah selesai, letakkan bayi memanjang menempel bahu kanan atau kiri dan sendawakan.

5. Matanya lengket

Bersihkan matanya dengan kapas yang dibasahi air matang dari arah hidung ke telinga. Gunakan satu kapas untuk sekali pembersihan. Anda perlu membawanya ke dokter bila terlihat ada cairan kuning dan sangat lengket.

Next >>